Enneagram - the 9 personalities

Friday, March 12, 2010

Selama ini, yang kita kenal hanya ada 4 kepribadian : sanguin, melankolis, plegmathic, dan koleric. Tapi ternyata penelitian menunjukkan ada 9 kepribadian yang bisa dimiliki setiap manusia. Semua dirangkum menjadi sebuah simbol yang disebut enneagram.

9 tipe manusia itu adalah :

1.) si PERFEKSIONIS
Orang dengan tipe ini termotivasi oleh kebutuhan untuk hidup dengan benar, memperbaiki diri sendiri dan orang lain dan menghindari marah.

2.) si PENOLONG
Orang tipe 2 dimotivasi oleh kebutuhan untuk dicintai dan dihargai, mengekspresikan perasaan positif pada orang lain, dan menghindari kesan membutuhkan.

3.) si PENGEJAR PRESTASI
Para pengejar prestasi termotivasi oleh kebutuhan untuk menjadi orang yang produktif, meraih kesuksesan, dan terhindar dari kegagalan.

4.) si ROMANTIS
Orang tipe romantis termotivasi oleh kebutuhan untuk memahami perasaan diri sendiri serta dipahami orang lain, menemukan makna hidup, dan menghindari citra diri yang biasa-biasa saja.

5.) si PENGAMAT
Orang tipe ini termotivasi oleh kebutuhan untuk mengetahui segala sesuatu dan alam semesta, merasa cukup dengan diri sendiri dan menjaga jarak, serta menghindari kesan bodoh atau tidak memiliki jawaban.

6.) si PENCEMAS
Orang tipe 6 termotivasi oleh kebutuhan untuk mendapatkan persetujuan, merasa diperhatikan, dan terhindar dari kesan pemberontak.

7.) si PETUALANG
Tipe 7 termotivasi oleh kebutuhan untuk merasa bahagia serta merencanakan hal-hal menyenangkan, memberi sumbangsih pada dunia, dan terhindar dari derita dan dukacita.

8.) si PEJUANG
Tipe pejuang termotivasi oleh kebutuhan untuk dapat mengandalkan diri sendiri, kuat, memberi pengaruh pada dunia, dan terhindar dari kesan lemah.

9.) si PENDAMAI
Para pendamai dimotivasi oleh kebutuhan untuk menjaga kedamaian, menyatu dengan orang lain dan menghindari konflik.


Well..lo yg mana?

Gue uda coba tes sekali..dan gue cukup complicated karena terdiri dari beberapa tipe. Tapi yang paling dominan yang ada pada gue adalah tipe 4 : si romantis.

Emang bener sih gue rasa..emang bener banget ya kalo gue tuh pengen memahami dan dipahami orang lain semaksimal mungkin, biar ga ada yg namanya salah paham. Dan yang paling bener adalah, gue emang sangat ga mau sama dengan orang lain. Gue selalu menghindari hal itu, karena gue yakin gue adalah pribadi yang unik dan berbeda dari orang lain. Thats why juga kenapa g berkecimpung di bidang art. Ya karena di bidang inilah gue bisa ekspresiin diri gue seleluasa mungkin :))


Cheers :3

Post a Comment

thanks for reading and drop some comments,
i read every words that you gave and check back my blog because i love to reply for you as soon as possible! :) ♥

xoxo,
rhea

Latest Instagrams

© ms.rhea's. Design by Fearne.