Gunung Fuji dan Legenda Putri Kaguya

Friday, July 28, 2017


Semua orang pasti tahu gunung Fuji, gunung yang sangat indah dan merupakan salah satu icon dari negara Jepang. Aku pun dari kecil sudah ingin banget mengunjungi gunung yang sekilas mirip es serut ini. Sedikit fakta dari gunung Fuji adalah:

Gunung Fuji (富士山 Fuji-san: adalah gunung tertinggi di Jepang, terletak di perbatasan Prefektur Shizuoka dan Yamanashi, di sebelah barat Tokyo. Gunung Fuji terletak dekat pesisir Pasifik di pusat Honshu. Fuji dikelilingi oleh tiga kota yaitu Gotemba (timur), Fuji-Yoshida (utara) dan Fujinomiya (barat daya). Gunung setinggi 3.776 m ini dikelilingi juga oleh lima danau yaitu Kawaguchi, Yamanaka, Sai, Motosu dan Shoji. -Wikipedia Indonesia.

Tapi tahu kah kalian kalau ada sebuah legenda kuno dari Jepang yang menjelaskan tentang keabadian dan keindahan gunung Fuji? Legenda tersebut adalah "Putri Kaguya". Aku ceritain sedikit sekilas yahhh...

Alkisah ada sepasang kakek dan nenek miskin yang kemudian menemukan seorang bayi mungil didalam bambu. Bayi mungil tersebut dinamakan Kaguya. Dia tumbuh menjadi gadis yang sangat cantik, baik, dan semenjak kehadiran Kaguya, rejeki kakek dan nenek menjadi tidak pernah habis. Semua mata yang melihat Kaguya selalu terpesona akan keanggunan dan kecantikannya. Tapi Kaguya tidak pernah mau menikah dengan siapapun. Singkat cerita, terdengarlah kecantikan Kaguya kepada Kaisar. Kaisar pun datang hendak melamarnya. Seperti biasa, Kaguya selalu menolak. Kaisar pun pulang dengan hati sedih, tetapi mereka masih rutin bertukar surat dan puisi. Sampai satu hari, Putri Kaguya bercerita kepada kakek dan nenek kalau dia adalah seorang penghuni bulan dan sudah saatnya ketika bulan penuh, ia akan dijemput oleh pengawal bulan. Kakek nenek yang ketakutan menghampiri Kaisar dan memohon bantuan. Kaisar datang kembali ke desa dan membawa ratusan prajurit untuk berjaga-jaga di sekitar rumah Kaguya. Namun pada tengah malam, pengawal bulan datang turun dari bulan dan menghipnotis seluru prajurit, sehingga dengan mudah menghampiri Kaguya. Kaguya menangis sambil berpamitan dengan kakek nenek. Kaguya memberikan surat dan obat ajaib yang dititipkan untuk Kaisar. Setelah itu pengawal bulan menghapus semua ingatan tentang Kaguya di pikiran kakek nenek dan semua orang. Namun Kaisar masih mengingat Kaguya dari surat yang dititipkan. Sedangkan obat ajaib itu adalah obat hidup abadi yang membuat seseorang tidak bisa mati. Kaisar yang merasa hampa tanpa Kaguya pun mentitahkan prajurit untuk membakar obat tersebut di gunung tertinggi di Jepang. Gunung itulah gunung Fuji (Fujiyama), yang akhirnya membuat gunung Fuji selalu mempesona dan abadi.




Romantis dan sedih yaaa.. Penasaran cerita lengkap detailnya? Kalian bisa nonton film "The Tale of Princess Kaguya" atau baca buku dongengnya (I used to had one in my childhood). Kalian bisa membacanya dari sini atau sini



Terbayang memandang keindahan gunung Fuji sambil minum green tea matcha asli Jepang, benar-benar nikmat, hahaha.. Nah tau kan kalau sekarang banyak banget tuh yang mengadakan promo liburan ke Jepang, jangan sampai lewatkan kesempatan untuk bertemu putri Kaguya di gunung Fuji. Oh oke, agak seram ya, haha, maksudnya menikmati keindahan Fujiyama selagi ke Jepang. Udah jauh-jauh harus dong pergi melihat Gunung Fuji. 

Soal wisata ke Jepang ini, kalau pergi sama keluarga lebih baik pakai tour, biar semua menikmati perjalanan dengan santai dan maksimal. Daripada pusing nyasar, lama jalan kaki, cari peta di stasiun, kasihan kalau bawa orang tua apalagi bayi. You better check out HISgo Travel. HIS menyediakan semua fasilitas untuk pergi ke Jepang mulai dari tiket pesawat, hotel, atraksi, tiket kereta cepat, sampai ada juga bus tour.




Kalau aku sih YES banget ya ikutan bus tour soalnya bisa sambil road trip, menikmati pemandangan Jepang selama perjalanan, yang gak akan bisa dilupakan pastinya. Travelling never been this easy, kalian bisa browsing di HISgo Bus Tour untuk caritahu promo dan itinerary untuk bus nya. Akan banyak pengalaman yang ditawarkan dan semua komplit mulai dari wisata alam, kuliner, kebudayaan, dan juga shopping time tentunya! :D

Terus kalau mau informasi seputar kecantikan dan list produk yang akan dibeli di Jepang bisa langsung cus ke www.beautynesia.id yah *wink





RESOURCES:
https://tripagency.online/wp-content/uploads/2016/12/Fuji-Mountain.jpg
http://media2.trover.com/T/53dddc29d809d82dd5003a11/fixedw_large_4x.jpg
https://www.akibanation.com/legenda-dan-misteri-gunung-fuji/
http://cinemaakil.com/films/the-tale-of-princess-kaguya/
https://mrmoviefilmblog.files.wordpress.com/2014/10/the-tale-of-the-princess-kaguya-01.jpg

1 comment

  1. wahh negara jepang memang sangat indah dan merupakan salah satu negara yang pengen aku kunjungi. salam kenal ya kak rhea.. :)

    ReplyDelete

thanks for reading and drop some comments,
i read every words that you gave and check back my blog because i love to reply for you as soon as possible! :) ♥

xoxo,
rhea

Latest Instagrams

© ms.rhea's. Design by Fearne.