Travel Tips: How to Group Travelling

Friday, July 28, 2017

Hi everyone! Back with travelling post, kali ini aku mau sharing sedikit tentang group travelling yang punya plus minusnya tersendiri tentunya. Btw, diatas adalah foto aku dan keluargaku waktu ke Yosemite Park, USA. I will write the story later ya (such a long story, lol). I got a lot of fun, and some lessons waktu travelling barengan rame-rame, which is very good for my life value! So in this post let me share a little bit about that ok :D


Group travelling pada intinya adalah pergi liburan ke luar kota/negeri dengan jumlah personil lebih dari 2 dan nyaris tidak ada batas maksimalnya. Semakin banyak anggotanya tentunya akan semakin ribet dan banyak yang harus dipersiapkan. 

Berikut ini 5 tips group travelling buat kalian yang sebentar lagi akan memimpin sebuah grup tour ataupun ikut tour. Please note carefully ya, this is based on true and real experiences, so enjoy them! :D :D



1. Wisely choose the group leader and let yourself obey them.
Because, you know, gak semua orang bisa mimpin. Pilih yang bertanggung jawab dan peduli akan orang lain - udah itu aja kriterianya. Gak perlu yang bisa translate (well that's better tho), atau yang paling ganteng dll, no need. Cukup dua kriteria itu dan liburan pasti akan tertata baik. 

Buat pemimpin, ayo pikirin orang lain duluan daripada diri sendiri. Apakah kasurnya sudah nyaman, apakah sarapan tersedia, apakah rundown tepat waktu dsb dsb.
Buat yang dipimpin, harus mau dong nurut sama pemimpinnya. Gak usah kebanyakan protes susah bangun pagi, atau gak suka makan sayur, atau gak mau ke shopping center, dsb dsb.


2. Set rundown properly and give lots of spare time.
Rundown dan itinerary adalah jiwa dari group travelling. Kalau solo, mau nyasar kek, mau diem aja kek, mau ngapain aja bebas gak ada yang ngatur. Tapi untuk travel rame-rame, harus ada kejelasan dan tujuan. Diskusi dulu bersama semuanya, kira-kira tempat apa sih yang pengen didatengin: apakah gunung, laut, kuil, dsb dsb. Setelah sepakat, atur waktu dari mulai bangun tidur sampai hitung waktu perjalanan (bisa dilihat di google maps direction). Usahakan banget waktunya itu jangan mepet-mepet misalnya mandi cuma dikasih satu jam untuk 8 orang kondisi 1 kamar mandi, kan gak mungkin gitu yahhhh.. Jadi harus logika dan berikan sedikit spare time untuk menghindari hal yang tidak diinginkan :)


3. Don't be selfish, this trip is not about you.
Ini susah emang, karena setiap manusia kalau udah liburan (apalagi mahal) pasti punya ekspetasi dan keinginannya masing-masing, wajar kok. Tapi kalau sudah memutuskan untuk travelling rame-rame, harus bisa kudu belajar untuk tidak egois. Jangan harus selalu memaksakan kehendak untuk diturutin. Kalau semuanya setuju sama ide mu itu bagus, tapi kalau engga, yah harus diskusi biar semua lancar. Jangan ngambekan! Ini akan sangat menyelamatkan liburan kamu loh. Coba pikir, yang mau bersenang-senang kan bukan cuma kamu, yang lainnya juga hehe.


4. Enjoy the togetherness that solo trip could not ever gives.
Bisa kujamin, BANYAK banget hal-hal yang gak akan kamu temukan kalau kamu travelling sendirian! Contoh kongkrit nya adalah soal tempat tinggal. Kalau kamu sendiri atau berdua harus sewa hotel kan. Tapi kalau ramean bisa sewa airbnb, suite, cottage, atau mansion, yang pasti kalau dibagi rata harganya gak akan mungkin semahal di hotel sendirian!! Aku berani jamin, hahaha! Malahan enak woe, bisa kaya boss minyak, menikmati mansion besar gitu kan, dengan budget rame-rame :D
Selain itu pas makan bisa pesen banyakkkk menu tanpa harus takut ga habis atau kemahalan. Seru banget bisa makan rame-rame cicip semua menu yang disediakan tapi tetap hemat.
Selain itu bisa saling foto-fotoan, yang suka pencitraan di socmed bisa banget minta tolong difotoin sesuka hati seenaknya tanpa takut kamera dicuri atau gak enak sama orang itu. Seru kan!
Apalagi? Masih banyak banget, duh bisa jadi novel deh haha.

boomeran rame-rame, kalo sendirian krik krik kan


wait for my usa travel post yaaa


5. Prefer to rent car or bus instead of public transports and enjoy the road trip!!
Nahh karena ramean, apalagi kalau range umur di grup kamu itu besar (ada orang tua atau bayi atau balita gitu), harus banget sewa mobil atau bus (tergantung jumlah orang dan barang tentunya). Susah dan rempong banget pasti kalau berbondong-bondong naik MRT gitu misalnya. Ya emang lebih murah jauh kalau naik transpot umum, tapi kan kasiannn kalau ada orang tua atau bayi, pasti capek banget buat mereka. Selain itu pasti jalannya kan gak secepat anak muda (biasanyaaaa), jadi daripada lama di jalan mendingan buat sewa kendaraan sambil menikmati pemandangan dikala road trip! (best part!)

Oiya jangan lupa bikin sim internasional dulu ya tapi kalau kalian yang nyetir sendiri. Kalau ikut tour group? Gampanggg, serahin semuanya dong ke mereka. Salah satu tour group yang cihuy itu HIS Go Indonesia yang menyediakan banyak pilihan tour kalau kalian ke Jepang. Kalian bisa cek bus tour mereka disini. Wisata ke Jepang tuh terkenal melelahkan loh soalnya jalan jauhhhh, jadi kalau rame-rame enakan ikut bus tour ini guys, semua sudah disediakan termasuk makanan dan hotel.

Aku belom pernah ke Jepang, tapi lagi nabung nih hehe. Banyak banget hal yang bisa dilakukan kalau liburan ke Jepang! Sebelum kesana baca-baca dulu beauty tips di www.beautynesia.id biar tau lebih banyak tentang trend Jepang :)


Hayoo ada kah yang pernah jadi group tour leader?? :D

3 comments

  1. These tips are fantastic. I've never done any sort of group travel before, but I'm sure I will at some point in the future!
    the-creationofbeauty.blogspot.com

    ReplyDelete
  2. Good travel tips! Been meaning to go on a trip as well with my fambam so this is helpful!

    Almari Writes. ❤

    ReplyDelete
  3. kayaknya seru ya pergi liburan pakai tour guide, lebih gampang dan gak ribet harus nyari jalan sendiri.. hehe

    ReplyDelete

thanks for reading and drop some comments,
i read every words that you gave and check back my blog because i love to reply for you as soon as possible! :) ♥

xoxo,
rhea

Latest Instagrams

© ms.rhea's. Design by Fearne.